Mengenal Sumber Traffic /Pengunjung Yang Mengunjungi Website Kita

Sudah lama ndak update blog lagi , kali ini sutopo ingin sharing informasi yang barusan saya dapat dari baca2 di situs “ilovedigitalmarketing.wordpress.com“, yang isinya menurut saya wow banget luar biasa *joss gandoss , kotos2 sampe mledos hohoho.

Kenapa bisa begitu karena penulisnya adalah  seorang digital marketing sama halnya dengan saya , tapi kalau saya masih bergelut di SEO (salah satu kompenen digital marketing ,sumber mencari traffic), karena kalau sudah bicara digital marketing maka sudah complex semuanya harus paham mengenai dari mana saja pengunjung blog kita datang ,apa saja yang harus di lakukan jika sudah mendapatkan pengunjung,dan  banyak hal lagi lainya yang akan saya bahas dibawah ini , tulisan dibawah ini adalah kutipan dari situs ilovedigitalmarketing.wordpress.com, yang pengen tak abadikan di blog saya , soalnya memang bener benar bagus hehe.

Ilustrasi Sumber Pengunjung

Sebelum membahas mengenai dari mana saja visitor itu datang ,disini saya ingin mengalogikan terlebih dahulu agar lebih mudah dipahami,saya analogikan dengan cerita ya.

Ada sebuah angkringan kampus di salah satu kampus STMIK AMIKOM Yogyakarta , selain dari pengunjung mahasiswa ,angkringa ini juga memiliki konsumen diluar kampus yaitu dari kampus UNY,UGM karena pemiliki angkringan tersebut mengiklankan angkringannya ke kampus kampus lain dengan brosur ataupun melalui mulut ke mulut.

Meski angkringan kampus tersebut sudah buka sejak lama ,kalua gak salah awal saya mulai masuk amikom itu 2011 , sampe sekarng masih buka berarti sudah 4 tahun, baru akhir tahun kemaren pengunjungnya “semakin banyak” tepatnya setelah angkringan ini memiliki harga yang murah , ada paket khusus ,bersih dan halal. tanpa pemilik angkringan sadari sebelumnya, ternyata lumayan cukup banyak pelanggan baru yang datang dari rekomendasi temanya dan mungkin juga dari brosur2 yang di tempel di dinding setiap Kampus di jogja

Sumber traffic sebenarnya hampir sama dengan yang saya ceritakan diatas ,pelanggan angkringan tersebut bukan hanya beradal dari mahasiswa kampus amikom tapi (pengunjung kampus lain , UGM,UNY,Browsur, dan dari mulut ke mulut) nah sebuah website juga seperti itu , traffic atau pengunjung yang datang melalui website kita pasti berasal dari berbagi sumber.
Berikut ini ada beberapa sumber traffic yang wajib anda ketahui khususnya bagi para blogger ,pembisnis online , dan buat tukang SEO *seperti saya ,karena ini jauh lebih penting ,mengapa…? karena biasanya data2 seperti direct traffic, refferal traffic digunakan untuk laporan perkembangan website setiap bulannya.

Traffic Source

1. Direct Traffic

Direct Traffic adalah orang yang langsung mengetik alamat website melalui browser , piye ya jelasainya , oh make analogi aja dulu , jadi ibarat orang yang pengen pergi ke angkringan karena memang pengen beli gorengan dan es teh.

Nah analogi tersebut dinamakan dengan direct traffic karena sebelumnya sudah mengentahui kalau misalnya situs sutopo.com adalah situs tempat belajar seo pemula . atau yang paling mudah deh , kita sudah tahu to facebook , yups situs jejaring sosial,nah saat orang mau membuka situs facebook, biasanya langsung dibagian adress pengunjung sering mengetik facebook.com untuk mengunjuninya

Beberapa Hal tentang Direct traffic antara lain ..

  • Mendapatkan Kunjungan dari pengunjung setia *biasanya blog blog yang memiliki kualitas konten yang bagus ,manfaat buat pembaca dan bisa mengembangkan pola pikir pembaca.
  • Branding nama domain yang mudah diingat > contoh domain saya sutopo.com * situs tempat belejar SEO pemula
  • Bisa juga menjadi salah satu cara mengukur keberhasilan marketing di Offlien misalnya saja beriklan di TV atau majalah ,dimana nanti memberikan embel2 nama website ,contoh yang sering kita liat di TV adalah tokobagus , traveloka, berniaga

2. Referral Traffic

Sumber traffic selanjutnya adalah referral traffic ,referral traffic adalah kunjungan dari visitor yang mengklik link (link website kita) yang berada di halaman webiste orang lain , contoh misalnya lewat forum posting , kita posting lewat forum terus kita mencampumkan link sumber (yang berisi link menuju website kita). Bahasa Gampangnya Referral = Rujukan , misalnya saja kita buka akun twitter dan baca2 di timeline terus tiba2 muncul berita dari detik.com yang judulnya menarik untuk di kunjungi kemudian kita klik link tersebut , maka kita mendapatkan referral trafic dari twitter,nah ini juga berlaku untuk situs sosial media lainya seperti facebook,twitter dan google +
Kalau saya analogikan lagi misalnya kita ingin pergi ke angkringan kampus ,karena pengen beli gorengan dan juga es teh ,tapi sudah habiss,nah yang jualan tadi itu memberikan rujukan atau rekomendasi ,Oya mas kalau mau beli coba angkringan kami yang satunya dekat kok dari sini paling sekitar 50 M *nah kui sih menurut ku yang paling mudah untuk di analogikan ,intinyakan RUJUKAN /Rekomendasi

A. Sosial Media

  1. Facebook.com
  2. twitter.com
  3. pinterest.com
  4. google  +

B. Forum

  1. ads.id
  2. Forum.merdeka.com
  3. forum.kompas.com
  4. dll

C. Blog Comment

  1. sutopo.com
  2. jogjakomputer.com
  3. intinya kita berkunjung di blog orang lain kemudian kita meninggalkan komentar dengan memasukan nama , email dan website kita.

Beberapa Hal tentang Referral traffic antara lain ..

  • Yang jelas adalah website kita mendapatkan link dari website orang lain  Artinya adalah reputasi website kita di mata website lainya,semakin banyak yang orang yang mendiskusikan webiste kita , maka hal tersebutlah yang diinginkan google,dengan begitu terjalah link secara natural *tapi dengan syarat konten yang ada di blog kita berkualitas.
  • Kemudian melanjutkan point yang pertama ,terjadi distribusi konten website kita dengan natural,karena artikel kita dirasa bermanfaat maka orang lain yang membaca biasanya langsung men share ke sosial media, blog mereka ,dll. Konten yang biasanya sering di share jika  (unik, lucu, ditulis oleh ahli, topiknya hot, dsb), akan besar kemungkinan website kita akan di review , di kasih backlink oleh website orang lain

3. Search Traffic

Search traffic adalah pengunjung yang di dapat melalui mesin pencari yang mencari melalui search engine seperti google , facebook,dan bing. * kalau yang ini rodo susah bro le analogine , tak kasih Screen Shoot ae yo intinya sih gini .

Ketika ada orang mencari solusi, misalnya cara membuat gmail, kemudian website saya berada di pejwan (halaman 1 google dengan posisi ada di ranking 2 ) dengan otomatis saya mendapatkan pengunjung gratis melalui mesin pencari google. nah ini juga salah satu alasan mengapa kita perlu belajar SEO , yaitu tadi supaya ketika orang ngetik cara membuat gmail website kita berada di halaman 1 google ,itulah yang dinamakan dengan Optimasi Mesin Pencari nek bahasa inggris ki Search engine optimization di singkat jenenge SEO

Cara Membuat Email

 

2 Jenis Search Traffic

  • Organic Search adalah metode mendapatkan visitor melalui hasil penelurusan/pencarian  mesin pencari google  yang sifatnya gratis tidak berbayar
  • Paid Search:adalah metode mendaptakan visitor melalui situs atau program PPC misalnya Google AdWords.

Google Adwords Indonesia

Beberapa Hal tentang search traffic:

  • Yang paling umum strategi digital marketing adalah mengincar di organic search (pencarian di hasil pencari google) , karena anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan visitor yang tertarget dan melimpah ,misalnya saja untuk keyword Jasa SEO Jogja dan keyword2 lainyaJasa SEO Jogja
  • Gambar diatas adalah salah satu mengapa  yang namanya SEO itu penting yaitu untuk mengenal nama brand ke pengguna mesin pencari berdasarkan tujuan visi misi website tersebut dibuat,dan sebuah upaya mengoptimalkan website supaya lebih nyaman digunakan dan lebih mudah ditemukan oleh pengguna Internet.
  • SEO sendiri adalah bukan proses yang instans tapi butuh waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal yaitu berupa visitor yang banyak dan meningkatkan traffic setiap bulannya

Beberapa Traffic Source Lain

Selain yang saya sebutkan diatas ternyata masih ada lagi yang belum saya bahas yaitu banned dan email marketing yang umunya sudah banyak digunakan dan di aplikasikan di indonesia.

Display

Memasang Banner di website orang lain baik berupa gambar atau animasi yang bertujuan untuk mengundang klik menuju website yang target , contohnya misalnya sebagai berikut ini :

Banner Sutopo

Email

Untuk yang satu ini yaitu metode mendatangkan visitor melalui aktivitas email marketing . Jadi gambaranya adalah kita mengirimkan email newsletter (baik berupa informasi , tutorial ,ebook, trik dan tips ) kepada pelanggan email kita,dimana di email tersebut ada  link yang menuju  ke website kita,Kalau dalam dunia IM email marketing ini sering di sebut dengan list building.

Infographics Sumber Traffic

Sumber Traffic

Bagaimana …? apakah sudah paham mengenai bagaimana pengunjung kok bisa mengunjung website kita , salah satunya yang sudah saya sebutkan ada direct traffic, referral traffic dan lain sebagainya, untuk postingan selanjutnya saya akan membahas mengenai cara meningkatkan pengunjung blog setelah itu saya akan menulis juga mengenai cara melihat pengunjung blog. sampai jumpa di postingan berikutnya .

Silahkan berkomentar untuk sharing dan berbagi dari mana saja blog anda mendapatkan pengunjung..?

Mengenal Sumber Traffic /Pengunjung Yang Mengunjungi Website Kita | sutopo | 4.5