Tata Cara Mendi wajib/Mandi Junub Lengkap

sutopo March 14, 2014
5
Cara Menjadi Wajib

Tata Cara Mendi wajib/Mandi Junub Lengkap - sudah lama saya ingin menulis artikel tentang Islam nah kali ini saya sedikit menjelaskan kepada anda bagaimana tata cara mandi wajib setelah bersetubuh, sebenarnya sama saja hal nya untuk  tata cara mandi wajib bagi laki-laki, gak ada bedanya. tapi disini saya akan ulas lengkap dan mudah di pahami tentunya icon biggrin

ok kita mulai dari yang pertama dulu .

Apa sih itu Mandi Junud atau manjadi Wajib

Cara Menjadi Wajib

Cara Menjadi Wajib

Mandi wajib atau hadats besar adalah mengalirkan air keseluruh tubuh dan mengusap seluruh angota tubuh .

Hukum mandi besar atau mandi junub adalah WAJIB

OK yang pertama  kita bahas dulu Rukun Mandi Besar

Rukun Mandi Besar.

  1. niat mandi wajib , dilakukan berbarengan dengan permulaan mengucurkan air ke anggota badan . untuk lafaz niat mandi wajib anda bisa lihat gambar dibawah ini 
  2. niat mandi wajib

    niat mandi wajib

  3. Mengucurkan Air ke seluruh bagian anggota tubuh
  4. Membersihkan najis

 

Sunnah sunnah Mandi Besar atau Mandi wajib

  1. Membaca Basmalah pada permulaan mandi
  2. Berwudhu sebelum mandi
  3. Menggosok badan
  4. Mendahulukan yang kanan dari pada yang kiri
  5. Membaca Do’a sesudah mandi. adapun bacaanya sama seperti do’a selesai berwudhu.

Kesimpulanya  untuk tata cara mandi wajib bagi pria yang benar

  1. Mandi wajib dimulai dengan mengucapkan bismillah, dan berniat untuk menghilangkan hadast besar
  2. Membersihkan kedua telapak tangannya tiga kali, kemudian bercebok.
  3. Membersihkan kemaluannya, dan kotoran yang ada di sekitarnya.
  4. Berwudhu seperti halnya orang yang berwudhu hendak shalat, kecuali kedua kakinya. Namun boleh membersikan kedua kakinya ketika berwudhu atau mengakhirkannya sampa selesai mandi.
  5. Mencelupkan kedua telapak tangannya ke dalam air, lalu menyela-nyela pangkal rambut kepalanya dengan kedua telapak tangannya itu kemudian membersihkan kepalanya dan kedua telinganya tiga kali dengan tiga cidukan.
    Note: Menyela pangkal rambut hanya khusus bagi laki-laki. Bagi perempuan, cukup dengan mengguyurkan pada kepalanya tiga kali guyuran, dan menggosoknya, tapi jangan mengurai/membuka rambutnya yang dikepang, karena ada hadist yand diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari Ummu Salamah yang bertanya kepada Rasulullah, “Aku bertanya, wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku ini perempuan yang sangat kuat jalinan rambut kepalanya, apakah aku boleh mengurainya ketika mandi junub (mandi besar)?” Maka Rasulullah menjawab, “Jangan, sebetulnya cukup bagimu mengguyurkan air pada kepalamu tiga kali guyuran,” (HR At-TIrmidzi).
  6.  Mengguyur tubuhnya yang sebelah kanan dengan air, membersihkannya dari atas sampai ke bawah, kemudian bagian yang kiri seperti itu juga berturut-turut sambil membersihkan bagian-bagian yang tersembunyi (pusar, bawah ketiak, lutut, dan lainnya).
    Tata cara ini berdasarkan penuturan Aisyah Radhiyallahu Anha:
    Apabila Rasulullah hendak mandi junub (mandi besar), beliau memulai dengan membasuh kedua tangannya sebelum memasukannya ke dalam bejana. Kemudian beliau membasuh kemaluannya dan berwudhu seperti halnya berwudhu untuk shalat. Setelah itu, beliau menuangkan air pada rambut kepalanya, kemudian mengguyurkan air pada kepalanya tiga kali guyuran, kemudian mengguyurkannya ke seluruh tubuhnya,” (HR At-Tirmidzi: 104, dan Abu Daud: 243). Wallahu’alam bish shawwab. (source :http://www.mukminun.com/)

demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Tata Cara Mendi wajib/Mandi Junub Lengkap, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog sutopo.com yang berjudul Belajar Bisnis Online Gratis  | Belajar SEO Ultimate

Gabung di Sosial Media  dan komunikasi dengan saya di :

Gabung di Group dan Forum SEO Se indonesia

Belajar SEO  | Link Building | Konten Strategi | Onpage Optimization

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current day month ye@r *

Copyright © Sutopo © | Blog Belajar SEO 2014