Apa itu SEO

Posted on

Bagi saya SEO adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimasi sebuah website secara keseluruhan ,dimana proses tersebut membutuhkan waktu dan proses yang di kerjakan dalam cara SEO yaitu melakukan riset keyword , penerapan SEO Onpage , penerapan SEO Offpage dan terakhir adalah monitoring. kalau saya gambar mungkin seperti ini :

Cara Kerja SEO

OK, saya akan jelaskan telebih dahulu dari gambaran yang sudah saya sebutkan diatas , yaitu riset keyword, seo onpage , seo offpage dan monitoring.

  1. Riset Keyword
    Riset Keyword atau dalam bahasa indonesia adalah riset kata kunci yaitu sebuah proses dari SEO untuk mengetahui jumlah pencarian kata kunci yang ingin di optimasi , sebagai gambaran gampangya seperti ini :
    Misalnya aku punya usaha “jualan power bank ” dan aku pengen melakukan riset keyword berapa banyak orang yang mencari keyword jual power bank , untuk itu anda perlu membuka tools adwords. contohnya seperti berikut ini.
    Jual Power Bank
    tools https://adwords.google.com adalah tools yang berfungsi  untuk melakukan pencarian keyword, jadi keyword yang ingin di reset , anda tinggal masukan ke tools tadi nanti si tools tadi akan memberikan data pencarian dalam 1 bulannya. untuk panduan riset keyword mungkin tidak saya bahas disini , melain kan di postingan cara riset keyword
  2. SEO Onpage
    SEO Onpage adalah salah satu proses dalam optimasi sebuah website ,biasanya dalam menerapkan ilmu SEO Onpage itu selalu berhubungan dengan posisi keyword, contoh keyword berada di meta tags title , meta tags descripsion , meta tags keyword nah untuk bagian <head> </head> , sedangkan untuk bagian body biasanya seperti keyword berada di h1 (heading 1 ) , keyword density sekitar 2% dan hal hal lainya yang menjadi faktor rangkin SEO Onpage , seperti kecepatan loading website , lokasi server dan masih banyak lagi lain.
  3. SEO Offpage
    SEO Offpage adalah salah satu proses SEO dimana dalam pengerjaannya sendiri SEO Offpage ini lebih dominan bagaimana cara membangun backlink agar terlihat natural dan berkualitas.
  4. Monitoring
    Tahap Terakhir yaitu setelah memprakan Semua Hal yang berhubungan dengan SEO , maka langkah terakhir yaitu melihat ranking keyword yang kita optimasi diatas, contoh diatas saya mengoptimasi keyword jual power bank , maka saya tinggal check ranking bisa menggunakan whatsmyserp.com. atau tools lain untuk melihat ranking website .

Pengertian seo

Untuk pengertian SEO anda bisa lihat penjelasan dari wikipedia sebagai berikut ini :

Optimisasi mesin pencari /seo adalah (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Kesimpulan tentang SEO

Jadi kesimpulan SEO (search engine optimization) adalah serangkai proses SEO yang di lakukan mulai dari riset keyword , penerapan SEO Onpage , Penerapan SEO Offpage , dan terakhir Cek Ranking website ,nah tahapan itu yang di masukan dengan serangkain proses SEO. untuk memaksimalkan website agar di kenal google dan ter index di google maka perlunya melakukan praktek SEO pada websitenya masing masing secara total .Harapanya tentunya dengan belajar optimasi anda bisa mengoptimasi keyword sendiri dan bisa menghasilkan uang melalui optimasi keyword yang anda inginkan.

Contoh :

Saya ingin jualan power bank > (produk power bank)

Saya mempraktekan ilmu SEO  (riset keyword, SEO Onpage + SEO Offpage) > dengan keyword target yaitu “jual power bank”

Jadi ketika orang ngerti keyword “jual power bank”  harapanya setelah mengoptimasi website  , keyword jual power bank website saya bisa naik di halaman 1 dan yang terakhir tentunya SEO itu bukan ilmu pasti , tapi SEO itu adalah seni dan ilmu pengetahuan. OK mungkin sampai sini dulu , ada yang di tanyakan silahkan ajukan di kotak komentar .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *